Contoh Tesis Manajemen Pendidikan

Contoh Tesis Manajemen Pendidikan : Efektivitas dan Efisiensi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Kompetensi dalam Mencapai Tujuan Sekolah

Manajemen Berbasis Kompetensi (MBK) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan lembaga pendidikan dalam pencapaian untuk mencapai keunggulan lembaga pendidikan dlaam pencapaian peningkatan kualitas dan penempaaan sumber daya manusia. Pengembangan pendidikan di Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan baik secra makro maupun mikro merupakan sesuatu yang mesti dilakukan dengan segera dengan melibatkan seluruh pihak dan  komponen yang terkait. Kerangka makro erat hubungannya dengan kerangka politik yang sangat ini sedang ramai dibicarakan yaitu desentralisasi kewenangan dan pemerintah pusat ke daerah, aspek makronya berkaitan dengan kebijakan daerah tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten, sedangkan aspek mikro melibatkan seluruh sektor dan lembaga pendidikan yang paling bawah, tetapi terdepan dalam pelaksanaannya, yakni sekolah.

Tujuan utama MBK adalah meningkatkan efisiensi, mutu, dan pemerataan pendidikan. Peningkatan efisiensi diperoleh melalui keleluasaan mengelola sumber daya yang ada, partisipasi masyarakat, dan menyederhanakan birokrasi. Peningkatan mutu diperoleh melalui partisipasi orang tua, kelenturan pengelolaan sekolah, peningkatan profesionalisme guru, adanya hadiah dan hukuman sebagai kontrol, serta hal lain yang dapat menumbuh kembangkan suasana yang kondusif, pemerataan pendidikan tampak pada tumbuhnya partisipasi masyarakat terutama yang mampu dan peduli, sementara yang kurang mampu akan menjadi tanggung jawab pemerintah. Berbagai rumusan dari MBK tersebut digulirkan tidak lain adalah sebagai jawaban dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan baik secara kualitas maupun pelayanan pendidikan itu sendiri. Pada tulisan ini akan dibahas hal-hal yang berkenaan dengan hakikat, tujuan, manfaat serta beberapa factor yang perlu diperhatikan dalam MBK.

Read More Contoh Tesis Manajemen Pendidikan

Contoh Tesis Manajemen Pendidikan : Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah

Kepemimpinan kepala sekolah dalam MBS adalah usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyelaraskan sumber daya yang tersedia dalam rangka pelaksanaan otonomi sekolah melalui tangan kepala sekolah melalui kerja sama dengan warga sekolah untuk mengelola sumber daya yang tersedia dengan mengalokasikannya sesuai potensi dan kebutuhan sekolah serta kebutuhan masyarakat dengan cara mendorong pengambilan keputusan partisipasi yang melibatkan secara langsung warga sekolah yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran agar tujuan yang telah ditetapkan dapat berjalan lancar secara efektif dan efisien.

                Kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan MBS adalah segala upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di sekolahnya untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Sehubungan dengan itu, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam MBS dapat dilihat berdasarkan kriteria berikut:

  1. Mampu memberdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, dan produktif;
  2. Dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan;
  3. Mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga dapat melibatkan mereka secara aktif dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah dan pendidikan;
  4. Berhasil menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai lain di sekolah;
  5. Bekerja dengan tim manajemen, serta berhasil mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan (Mulyasa, 2003: 126).

Dengan demikian kepala sekolah sering dirumuskan sebagai EMASLIM, Yaitu Educator (pendidik), Manager, Administrator, Supervisor, Leader (pemimpin), Innovator (pencipta), dan Motivator (pendorong). Dalam melaksanakan ketujuh tugas itulah kepemimpinan akan diterapkan dalam MBS.

Read More Contoh Tesis Manajemen Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s